Jelajahi Destinasi Wisata Sejarah Situs Warungboto Jogja

Jelajahi Destinasi Wisata Sejarah Situs Warungboto Jogja
Spread the love

Jelajahi Destinasi Wisata Sejarah Situs Warungboto JogjaSitus Warungboto sebelumnya adalah petilasan yang dibangun pada pemerintahan Sultan HB I. Dan pembangunannya diteruskan pada masa Sultan HB II.

Resmi direnovasi sejak tahun 2016 lalu, destinasi wisata bersejarah Situs Warungboto Jogja kian menarik hati untuk dikunjungi.

Berada di jalan Veteran, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, situs ini sejatinya adalah sebuah pesanggrahan.

Situs Warungboto sebelumnya adalah petilasan yang mulai dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwonno I. Dan pembangunannya diteruskan pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono II.

Sebelum benar-benar direnovasi, wisata bersejarah ini dahulunya hanyalah berupa reruntuhan dan puing bangunan yang kurang terawat.

Fasilitas Situs Warungboto

Jelajahi Destinasi Wisata Sejarah Situs Warungboto Jogja

Berdasarkan data dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Daerah Istimewa Yogyakarta. Pesanggrahan yang dibangun oleh Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat memiliki fungsi sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan.

Baca Juga : Pesona Bukit Batu Karst di Timor Tengah Selatan Kupang

Karena fungsinya berkaitan dengan kenyamanan dan ketenangan, pada umumnya pesanggrahan dilengkapi dengan taman, segaran, kolam dan kebun.

Jelajahi Destinasi Wisata Sejarah Situs Warungboto Jogja

Fasilitas inilah yang kemudian bisa kamu temukan ketika berkunjung ke Situs Warungboto. Uniknya, pesanggrahan-pesanggrahan ini dibangun menggunakan batu bata.

Jelajahi Destinasi Wisata Sejarah Situs Warungboto Jogja

Ada dya bagian pesanggrahan, dibangun disisi barat dan timur sungai Gajag Wong dan membujur dari arah barat ke timur. Kompleks pesanggrahan terdiri dari pagar keliling dan bangunan pesanggrahan.

Baca Juga : Alasan Ilmiah Mengapa Perjalanan Berangkat Terasa Lama

Pada bangunan sisi barat, terdapat kompleks bangunan berkamar dengan halaman berteras dan kolam pemandian yang airnya berasa dari mata air.

Pesanggrahan ini memiliki kolam pertama yang berbentuk lingkaran berdiameter 4,5 meter dan bagian tengahnya memiliki sumber pancuran air atau umbul. Serta kolam kedua berbentuk bujur sangkar dengan ukuran sisi 10 meter x 4 meter.

Berkunjung ke Situs Warungboto tak hanya membuat kamu mengenal sejarah. Melainkan juga mendapat poin tambah karena bangunan-bangunannya yang unik dan khas.

Jelajahi Destinasi Wisata Sejarah Situs Warungboto Jogja

Struktur bangunan dengan lorong-lorong, pintu dan jendela yang sebagian memiliki aksen lengkung pada bagian atasnya begitu menarik.

Tak heran jika lokasi ini seringkali dijadikan spot foto dan larat berbagai pemotretan maupun pembuatan video dan karya seni visual lainnya.

Satu yang perlu diperhatikan, bila berkunjung ke Situs Warungboto, kamu mesti mentaati sejumlah aturan yang berlaku disini.

Yaitu dilarang memanjat bangunan situs, dilarang bermain judi poker online, menjaga kebersihan, dan dilarang mencoret-coret tembok situs.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*