Jalur Baru Yang Wajib Dicoba Pendaki di Gunung Prau

Jalur Baru Yang Wajib Dicoba Pendaki di Gunung Prau
Spread the love

Jalur Baru Yang Wajib Dicoba Pendaki di Gunung PrauMelewati  jalur baru pendakian Gunung Prau via Igirmranak. Kamu akan disambut dengan terowongan semak belukar nan instagenik.

Jalur baru pendakian Gunung Prau via Igirmranak sudah bisa dicoba oleh pendaki gunung. Kamu yang sering menggunakan jalur pendakian Patak Banteng yang terkenal itu bisa mengalihkan jalur pendakian lewat Igirmranak.

Jalur ini telah diresmikan oleh Pihak Perhutani sebagai pengelola Gunung Prau.
Jalur Baru Yang Wajib Dicoba Pendaki di Gunung Prau

Jalur baru pendakian Gunung Prau ini memiliki puncak bernama Roto Dowo. Dipuncaknya kita bisa mendirikan tenda karena areanya sangat luas dan mampu menampung kurang lebih sepuluh tenda pendaki gunung.

Jalur Baru Yang Wajib Dicoba Pendaki di Gunung Prau

Jalur Baru Yang Wajib Dicoba Pendaki di Gunung Prau

Untuk bisa melalui jalur Igirmranak, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.10.000,- saja.

Lokasi jalur pendakian via Igirmranak ini lokasinya di Desa Igirmranak, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Jalur ini merupakan jalur sisi tenggara yang masih asri dan sepi.

Baca Juga : 5 Negara Yang Cocok Untuk Merantau Ke Luar Negeri

Melewati jalur ini, kita juga akan bertemu dengan spot cantik dan menarik, yakni terowongan akar-akaran yang bisa kamu jadikan tempat foto-foto. Untuk kamu yang belum pernah melewati jalur ini bisa mencobanya sesekali.

Sementara itu, selain menggunakan jalur Igirmranak, kamu juga bisa melewati 6 jalur pendakian Gunung Prau lainnya. Berikut ini daftarnya.

Jalur Baru Yang Wajib Dicoba Pendaki di Gunung Prau

1. Jalur Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng
Jalur ini merupakan jalur favorit para pendaki. Selain jarak tempuh yang pendek, juga berada tepat di tepi jalan raya. Kamu cukup naik angkutan umum dari Wonosobo dengan membawa tas carrier.

Maka kamu sudah pasti akan direkomendasikan untuk melalui rute ini. Basecamp ini terletak di Desa Patak Banteng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Baca Juga : Pesona Bukit Pasir Sumalu Serupa Gurun Sahara Yang Menghitam

2. Jalur Pendakian Gunung Prau via Kali Lembu
Jalur pendakian ini akan bertemu dengan jalur Pendakian dari Dieng Wetan dan Dieng Kulon. Rute ini lebih landai daripada rute Patak Banteng. Basecamp Kali Lembu tidak berada jauh dari basecamp Patak Banteng.

Jalur Baru Yang Wajib Dicoba Pendaki di Gunung Prau

Basecamp ini terletak di Desa Kali Lembu, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Berada di atas desa Patak Banteng jika kamu datang dari Wonosobo.

Jalur Baru Yang Wajib Dicoba Pendaki di Gunung Prau

3. Jalur Pendakian Gunung Prau via Dieng Wetan
Basecamp Dieng Wetan beralamatkan di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Merupakan jalur pendakian favorit karena dekat dengan objek Wisata Dieng.

Baca Juga : Fakta Suku di Amerika Yang Tinggal di Dalam Grand Canyon

Lokasi basecamp berdekatan dengan penginapan yang banyak tersebar di lokasi Wisata Dieng. Kamu juga bisa menyiapkan logistik disini, karena dekat dengan pusat perbelanjaan.

4. Jalur Pendakian Gunung Prau via Dieng Kulon (Dwarawati)
Ada yang menyebutnya dengan rute Dwarawati, karena memang terletak dekat dengan Candi Dwarawati. Bila kamu hendak menuju ke lokasi basecamp ini, cara termudah adalah dengan mencari objek wisata Candi Dwarawati. Terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

5. Jalur Pendakian Gunung Prau via Campurejo
Jalur ini jarang diketahui karena baru dibuka oleh rekan-rekan Swambin Jungle Trekking Club. Basecamp Pendakian Gunung Prau via Campurejo ini terletak di Desa Campurejo, Kecamatan Tretep, Kabupaten Temanggung.

6. Jalur Pendakian Gunung Prau via Wates
Pendakian Gunung Prau via Wates, jalur pendakian termasuk dalam kategori landai. Sehingga waktu tempuh bisa sekitar 3 jam untuk jarak sekitar 4,7KM. Basecamp Wates terletak di Desa Wates, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*