Menilik Fakta Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu

Menilik Fakta Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu
Spread the love

Menilik Fakta Danau Dendam Tak Sudah BengkuluMungkin kamu bingung ketika membaca nama Danau Dendam Tak Sudah. Namun, keindahan danau ini pastinya tak akan membuat kamu bimbang akan kecantikannya.

Provinsi di timur Sumatera, yaitu Bengkulu, memiliki destinasi ciamik namun penuh dengan misteri. Danau Dendam Tak Sudah bisa menjadi pilihan kamu yang menikmati eksotisme Bengkulu yang tersembunyi. Disini, kamu bisa melihat matahari terbenam ditemani danau yang tenang.

Nama penuh legenda
Mungkin kamu akan mengernyitkan dahi ketika pertama kali mendengar nama danau ini. Namun, nama danau ini pun punya cerita yang masih simpang siur keasliannya. Terdapat dua versi yang berkembang di masyarakat mengenai asal usul dari nama danau yang terletak di 5 km dari kota Bengkulu ini.

Menilik Fakta Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu

Dalam kisah pertama, diceritakan terdapat sepasang kekasih yang akhirnya bunuh diri dengan menceburkan diri kedalam sungai. Mereka melakukan hal tersebut karena cinta mereka tidak direstui oleh orang tua.

Menilik Fakta Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu

Konon katanya, mereka berubah menjadi lintah dan masih hidup di dalam danau ini agar bisa membalaskan dendam mereka atas kegagalan cinta.

Baca Juga : Taman Indonesia Kaya Panggung Wisata Seni Terbaru Semarang

Versi cerita kedua melibatkan pemerintahan Belanda yang datang ke Indonesia. Ketika melihat danau ini, pemerintah Belanda ingin membuat sebuah dam atau bendungan guna menampung air banjir.

Namun akhirnya pembangunan dam ini terbengkalai dan tidak terselesaikan. Banyak orang yang mengatakan bahwa kata “Dendam Tak Sudah” berasal dari pembangunan dam yang tak usai.

Menilik Fakta Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu

Namun jangan khawatir, danau ini tidak semengerikan namanya. Bahkan danau ini malah terkesan cantik dengan permukaannya yang luas. DDTS memiliki luas permukaan sekitar 67 hektar dan berada didalam kawasan cagar alam seluas 500 hektar.

Baca Juga : Tari Lengger Lanang Asal Banyumas Yang Identik Dengan Transgender

Walaupun secara resmi danau ini terletak di Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Bengkulu. Sebenarnya danau ini mencakup empat kecamatan saking luasnya.

Kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Singaran Pati, Kecamatan Teluk Segara, Kecamatan Selebar, dan Kecamatan Talang Empat. Tak heran, kamu bisa menikmati danau ini dari berbagai sudut. Namun, sudut yang paling banyak diminati oleh para pengunjung adalah sisi yang terletak di samping jalan besar.

Rumah bagi bunga langka

Menilik Fakta Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu

Berbagai tempat duduk telah disediakan oleh masyarakat setempat bagi kamu yang ingin bersantai menikmati air danau yang tenang. Refleksi langit yang biru langsung terpantul dengan jelas di atas air seolah-olah DDTS merupakan sebuah cermin yang besar. Berbagai flora dan fauna pun bisa kamu temukan bersantai selaras dengan ragam ciptaan Tuhan.

Danau ini juga menjadi rumah asli bagi Anggrek Pensil, salah satu tanaman langka dan dilindungi di Indonesia. Saat Inggris menduduki Bengkulu pada tahun 1800-an, bunga ini dinobatkan sebagai “Ratu Anggrek” karena keindahan warnanya.

Menilik Fakta Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu

Hal inilah yang akhirnya membuat DDTS ditetapkan sebagai kawasan Cagar Alam sejak 17 Juni 1936 demi menjaga keberadaan bunga cantik ini.

Menilik Fakta Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu

Sembari menunggu matahari terbenam, jangan lupa untuk mencoba makanan khas Bengkulu yang telah berjejer untuk disantap. Perut punai, lempuk, maupun kue tat bisa menjadi pilihan kamu untuk mengenyangkan perut.

Jangan lupa pesan segelas kopi panas agar penantian kamu semakin syahdu ditemani semilir angin yang berhembus.

Walaupun namannya agak “mengerikan”, namun danau ini tidak akan membuat kamu galau dan menyesal karena kecantikannya. Dengan membayar biaya kontribusi sebesar Rp.1500, matahari tenggelam pada pantulan danau yang tenang bisa menjadi penutup perjalanan kamu di Kota Bengkulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*