Info Perjalan dan Tips Camping di Pantai Menganti, Kebumen

Spread the love

Tips Wisata dan Camping di Pantai Menganti Kebumen, Jawa Tengah – Info Transportasi dan Estimasi Biaya

Camping atau kemah bukan hanya bisa dilakukan di Gunung, tapi juga bisa dilakukan di sisi pantai. Tidak percaya? Pantai seperti pantai sawarna lebak banten salah satunya. Disana kita bisa mendirikan tenda dan bermalam tanpa menyewa penginapan. Ini tentu bisa menghemat biaya piknik kita saat di pantai. Selain itu, Pantai di selatan Jawa Tengah ini juga bisa mendirikan tenda camping untuk menghemat biaya. Ya, kali ini kami Tim BM akan coba memberi tips berwisata di Pantai Menganti, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.
Pantai Menganti Jawa Tengah Kebumen, bisa kemah. Biaya camping pantai menganti
Pantai Menganti
Pantai Menganti adalah pantai di selatan jawa tengah, terletak di kabupaten kebumen. Dari pantai ayah, anda menempuh sekitar 30 menit untuk menuju ke Pantai menganti ini. Anda bisa mendirikan tenda sendiri untuk menghemat biaya nya. Selain itu, disana juga disediakan parkiran motor dan mobil, saung kecil untuk bersantai yang dihargai Rp. 10.000,- sepuasnya, dan toilet serta warung. Saya dan Sudarmono selaku perwakilan dari Tim BM sendiri memilih mendirikan tenda untuk menghemat biaya disana. Selain itu melihat kawasan pantai menganti yang berbukit seperti gunung membuat kami semakin yakin untuk mendirikan tenda saja. Logistik pun dipersiapkan dari rumah.

Perjalanan Menuju Ke Pantai Menganti

Perjalanan Dari Cilacap:
Kami sendiri memulai perjalanan dari salah satu rumah anggota tim bm yaitu di daerah cilacap bagian barat. Berangkat menggunakan sepeda motor karena untuk menghemat biaya dan fleksibilitas saja. Perjalanan dimulai pada pukul 12.00 dengan sepeda motor, kami memilih jalur jalan alternatif adipala. Untuk masuk ke jalur alternatif adipala, anda bisa memilih belok kanan (dari arah barat ) menuju ke arah kroya. Disana rambu jalan dan penunjuk arah cukup jelas. Trek jalan yang bagus dan lurus membuat kami tidak terlalu khawatir soal salah jalan. Anda tinggal mencari jalan ke arah pantai ayah saja untuk sampai dipantai menganti. Kami sampai di pantai manganti tepat pukul 15.00 kami sampai di Pantai Menganti.
Jika Perjalanan dari Jakarta:
Setelah disana kami coba menanyakan perjalanan dari jakarta untuk sampai di pantai menganti. Tidak banyak informasi yang didapatkan soal transportasi yang jelas. Namun kami memiliki sedikit informasi untuk disampaikan kepada penikmat janganlupabahagia.com
 
Jika perjalanan dari jakarta, lebih baik menggunakan kereta menuju stasiun gombong atau kebumen. Naik kereta Kutojaya Utara 192 dengan biaya Rp. 80.000,- yang berangkat sekitar pukul 05.30. Setelah sampai di stasiun gombong, anda ke terminal gombong lalu cari angkot atau kendaraan umum lainnya untuk menuju ke daerah Ayah. Setelah disana, menurut informasi anda bisa menyewa kendaraan mobil colt dengan harga tawar terendah adalah Rp. 150.000,- untuk masuk ke kawasan pantai Menganti. Cukup mahal karena memang jalan kesana berkelok dan melewati beberapa bukit.

Masuk Kawasan Pantai Menganti dan Pasang Tenda

Untuk biaya tiket masuk Kawasan Pantai Menganti dan Biaya Pasang Tenda berbeda harga. Harga tiket masuk sendiri bertarif Rp. 10.000,- per orang (Anda masih bisa menawar jika membawa banyak orang). Untuk biaya kemah/camping sendiri adalah Rp. 5.000,- per orang. Jadi untuk total biaya per orang adalah Rp. 15.000,- untuk masuk dan mendirikan tenda di pantai menganti. Untuk biaya parkir sendiri adalah gratis!

Batu karang menganti, tiket masuk pantai menganti
Camping di Sisi karang Pantai Menganti (Doc: Hafid Maulana)

Setelah kami masuk ke kawasan pantai menganti, kami lebih memilih mendirikan tenda disekitar batu karang dekat sisi pantai. Aman dari ombak dan angin, serta adanya beberapa pohon kecil untuk menahan angin. Setelah kami mendirikan tenda, kami bingung ketika ingin memasak air. Ternyata, Ada Sumber Air tawar di dekat area camping yang kami dirikan tenda. Kami sangat bersyukur karena pasokan air  untuk kopi dan masak nasi. Tidak seperti di gunung, anda boleh membuat api unggun kecil disekitar area camping.

Estimasi Biaya di Pantai

Untuk biaya sendiri, kami rinci per orang sebagai berikut:

  • Tiket masuk dan izin tenda: Rp. 15.000,-/orang
  • Biaya logistik 1 malam: Rp. 50.000,-/ orang (semakin banyak semakin murah)
  • Transportasi : jika dari jakarta mungkin bisa sampai Rp. 150.000,- lebih (Tergantung dari mana anda berangkat dan berapa banyak orang)
Kami sendiri, karena membawa sepeda motor hanya menghabiskan Rp. 50.000,- an per orang (total 9 orang)

Hal Yang Harus diperhatikan Jika Anda Camping di Pantai Menganti

Pantai Menganti Cantik
Bukan foto pacar mimin, (doc: nmithaaa)

Ada beberapa tips jika anda lebih memilih mendirikan tenda camping untuk menghemat pengeluaran:

  • Beli lah air, makanan dan kebutuhan logistik lainnya di minimarket sekitar kota. Karena jangkauan ke area kota cukup jauh.
  • Tidak ada orang yang menjual kayu bakar disekitar kawasan pantai karena lumayan jauh dari pemukiman. Jadi bawalah kompor kecil/ kompor gunung untuk memasak.
  • Jika anda membawa sepeda motor, harap bawa kunci gembok karena tidak ada penerangan di area sekitar perbukitan pantai (tempat parkir dekat camping)
  • Tidak ada informasi tempat penyewaan tenda di pantai menganti, jadi silahkan bawa sendiri dari rumah.

Spot Wisata di Sekitar Pantai Menganti

Selain anda bisa menikmati sunset dan batu karang di pantai menganti, jangan sampai anda melewatkan spot lainnya di daerah kawasan dekat pantai menganti, kebumen jawa tengah diantaranya:

  • Pantai Ayah
  • Goa barat (Goa Jatijajar)
  • Pantai Suwuk
  • Pantai Karangbolog, dll
Itu dia cerita perjalanan kami mengenai Tips Camping di Pantai Menganti Kebumen – Pantai Indah Tersembunyi di Selatan Jawa, semoga bermanfaat bagi para backpacker yang ada rencana mengunjungi pantai tersebut. Tetap jangan lupa jaga kebersihaan alam, buang sampah pada tempatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*